Selasa, 20 Maret 2012

Rahasia Sunnah Rasul Dilarang meniup minuman yang masih panas dan bernafas saat minum air

Sering kali kita akan secara otomatis meniup minuman yang masih panas dengan mulut kita sebelum kita meminumnya, benar tidak?? Hal ini dimaksudkan agar air panas tadi bisa sedikit lebih adem dan tidak membuat mulut kita kepanasan/melepuh.
Tetapi Rasulullah dengan tegas melarang umatnya untuk meniup minuman panas sebelum meminumnya dan bernafas saar minum air.
Setelah dikaji lebih dalam ternyata pernyataan tersebut ada penjelasan ilmiahnya sbb:

"Sebagaimana yang diketahui, air memiliki nama ilmiah H20. ini berarti di dalam air terdapat 2 buah atom hidrogen dan satu buah atom oksigen yang mana 2 atom hidrogen tersebut terikat dalam satu buah atom oksigen. Dan apabila kita hembuskan napas pada minuman, kita akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2). Dan apabila karbon dioksida (CO2) bercampur dengan air (H20), akan menjadi senyawa asam karbonat (H2CO3). Zat asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita.

Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan."




Jadi dari penjelasan diatas mulai sekarang usahakanlah jangan meminum atau makan makanan yang masih panas kemudian ditiupkan nafas kita.
Kita bisa mencontoh satu ide briliant di Jepang dimana saat makan mie yang panas digunakan kipas angin kecil untuk mendinginkannya, bukan ditiup dengan mulut.
 


 
Sumber berita lain:

http://berita9.com/2012/02/02/alasan-dilarang-meniup-makanan-dan-minuman-yang-masih-panas/

1 komentar:

  1. menarik banget itu ide orang jepang. perlu dicontoh. sumpit ada kipasnya :D

    BalasHapus

Thank You for your comment, and stay cool

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails