Jumat, 05 Maret 2010

Seto ohashi bridge alias Jembatan Akbar Seto



The Great Seto Bridge (瀬戸大橋 Seto Ō-hashi?), or Seto-Ohashi Bridge, is a series of double deck bridges connecting Okayama and Kagawa prefectures in Japan across a series of five small islands in the Seto Inland Sea.
Built over the period 1978 - 1988, it is one of the three routes of the Honshū-Shikoku Bridge Project connecting Honshū and Shikoku islands. At 13.1 km long, it ranks as the world's longest two-tiered bridge system.
Crossing the bridge takes about 20 minutes by car or train. The ferry crossing before the bridge was built took about an hour.
The non-discounted toll from Kojima, Kurashiki (Okayama Prefecture on the Honshū side) to Sakaide (Kagawa Prefecture on the Shikoku side) is ¥3,500, and vice-versa.

The bridges carry two lanes of highway traffic in each direction (Seto-Chūō Expressway) on the upper deck and one railway track in each direction (Seto-Ōhashi Line) on the lower deck. The lower deck was designed to accommodate an additional Shinkansen rail line in each direction.

Jembatan Akbar Seto (瀬 戸 大桥, Seto O-Hashi), Atau Seto-Ohashi Bridge, adalah rangkaian jembatan double dek bertingkat dua dimana dalam satu rangkaian terdapat jalan raya dan jalur kereta api dibawahnya yang menghubungkan Okayama dan Kagawa prefektur di Jepang melewati lima pulau-pulau kecil di Laut Pedalaman Seto.
Pembangunan Jembatan ini dilakukan selama periode 1978 - 1988, menghubungkan du pulau di Jepang yaitu Honshu dan Shikoku panjangnya mencapai 13,1 km.
jembatan ini termasuk salah satu jembatan terpanjang di dunia yang bertingkat dua.

Kereta tercepat Jepang Shinkansen juga melewati jembatan Seto O-Hashi ini di dek bagian bawah jembatan yang dikenal dengan Seto-Ohashi Line, sementara di dek atas terdapat 2 lajur untuk lalu lintas kendaraan yang dikenal dengan Seto-Chuo Expressway).


Membutuhkan waktu lebih kurang 20 menit untuk menyeberangi jembatan ini dengan kendaraan maupun kereta api. Dulu sebelum ada jembatan Seto Ohashi ini diperlukan waktu 1 jam untuk menyeberang dengan kapal ferry.

Kita juga bisa berhenti sejenak disalah satu pulau kecil dan menikmati keindahan jembatan Seto-Ohashi ini, tersedia toko cenderamata juga restoran yang tidak terlalu mahal harganya, dan pada akhir minggu/weekend banyak wisatawan lokal yang berkunjung kesini sambil berekreasi.
Saya juga berkesempatan mencoba jalan-jalan ke Seto-Ohashi ini dan memang benar pemandangannya sungguh indah.








0 komentar:

Posting Komentar

Thank You for your comment, and stay cool

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails