Selasa, 27 September 2011

[TIPS] Tambahan absorber di kap mesin Mitsubishi Kuda

Ada tips menarik yang bisa diaplikasikan pada mobil MPV dan SUV yang memiliki mesin dibagian depan seperti Kijang, Panther, Kuda, Tavera, Blazer, Livina, Pajero Sport, dll.
Tips ini sudah diaplikasikan oleh temen2 di Kuda Klub, khususnya boss Erik - KK47, sebagai orang pertama yang melakukan penambahan di kap mesin Kuda biru nya.

Menurut Erik, shock utk kap motor bisa dibeli di shop n drive, yang utk kijang sekitar 300rb .... jgn bilang buat kuda karena montirnya pasti bilang ga bisa..... pokoknya beli aja, gampang kok pasang sendiri, tinggal bolongin buat baut 10 (liat fotonya) di fender dan baut satunya ikut di baut dudukan kap.
Ukuran cuma 1 macem, memang khusus utk kap mesin kijang, merk X-drive pro (buatan kayaba)

Fungsi dari absorber ini adalah untuk memudahkan kita dalam membuka kap mesin, jadi tidak memerlukan tenaga extra untuk mengangkatnya sangat cocok buat para kaum hawa, jadi gak capek waktu mau periksa mesin dan komponen lainnya.
Bagaimana sih cara pasang absorber tambahan tersebut dan apa saja yang perlu disiapkan untuk tools/kunci2nya berikut ulasannya.
PERSIAPAN:
1. Beli absorber buat kap mesin atau orang biasa menyebut kap motor di shop and drive, hanya ada satu jenis tapi pada dasarnya bisa diaplikasikan untuk semua jenis mobil.
2. Siapkan tools atau kunci2 yaitu kunci pas atau kunci shock 10, alat bor dan mata bor buat melubangi bagian plat yang dekat fender.
3. Siapkan baut 10 sebanyak 2 buah, bisa beli di toko bangunan atau toko besi terserah deh, atau minta tetangga juga boleh.
PROSES PEMASANGAN:
1. Buka kap mesin / kap motor dan pasang hangernya pada lubang yang ada.
2. Lubangi plat yang dekat fender (GAMBAR 1) kira-kira posisinya sedikit lebih maju kedepan dari posisi baut 10 yang ada.
3. Lakukan pengeboran disisi fender yang satunya lagi, posisinya sama persis dengan yang sebelumnya.
4. Pasang absorber pada lubang yang telah dibuat (sisi bawah yang braketnya 1  baut).
5. Lepaskan 2 buah baut yang memegang kap mesin, hati-hati kap mesin turun dan dapat melukai kaca atau body kendaraan.
6. Pasang absorber pada lubang baut yang ada di kap mesin (sisi atas yang braketnya 2 baut) gunakan baut kap mesin yang tadi dilepaskan, dan kencangkan (GAMBAR 2).
7. Kencangkan baut2 yang tadi dipasang jangan sampai ada yang kendor.
8. Lakukan pada sisi yang satunya lagi, tidak perlu mengencangkan terlalu kuat secukupnya saja asal jangan kendor, nanti bisa lepas saat terkena getaran mesin.
9. Coba lepaskan hanger kap mesin, pastikan absorber dapat menahan kap mesin dengan baik.
10. Turun naikkan kap mesin, pemasangan yang baik kap mesin dapat naik dengan sendirinya saat dibuka, kalau kurang baik posisi abosrber bisa di setel dari posisi 2 baut yang ada di kap mesin.
11. Atur sampai kap mesin dapat naik dan turun dengan mulus, tanpa sentakan dan halangan.
Selamat mencoba.


GAMBAR 1
GAMBAR 2



Belanja pernak pernik lucu disini yaaa
https://www.tokopedia.com/achenk177

atau disini juga wokeeh

https://www.bukalapak.com/acep_swd

0 komentar:

Posting Komentar

Thank You for your comment, and stay cool

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails