Kamis, 17 November 2011

[kuliner] Lontong Orari Banjarmasin



Dalam kunjungan saya yang terakhir ke Banjarmasin, saya mencoba satu lagi menu sajian lontong yang membuat saya langsung klepek-klepek dengan cita rasa yang disajikan.
Lokasi tempat makan Lontong Orari ini ada di Jalan Seberang Masjid - Banjarmasin, dengan konsep rumah makan panggung, khas Banjar.

Kenapa disebut Lontong Orari, konon dulu, rumah yang sekarang dipakai untuk berjualan makanan ini adalah markasnya para aktivis radio amatir yang tergabung dalam ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia). Tempat ini dipakai untuk melakukan “copy darat” dan dapat saling bertatap muka. Nah, tidak jauh dari tempat kumpul-kumpul itu ada seorang penjual lontong yang sungguh enak rasanya, dan mereka sepakat untuk menamainya dengan "LONTONG ORARI".

Bentuk lontongnya segitiga lebar dan agak pipih. Satu porsi berisi dua lontong. Kedua lontongnya diguyur opor nangka muda. Warna kuahnya tidak sekuning ketupat kandangan, karena mungkin bumbunya tidak pakai kunyit. Dipiring lain ada lauknya terdiri dari telor rebus dan ikan gabus dimasak bumbu merah,...rasanya mantabs bro,.....

 
 
Kalo ke Banjarmasin lagi pasti nyempetin untuk makan di Lontong Orari ini,..huaaaa enak banget deeeeeh,...

0 komentar:

Posting Komentar

Thank You for your comment, and stay cool

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails