Kamis, 27 Agustus 2009

[TIPS] Mengatasi mesin Mitsubishi Kuda panas - over heat


Mesin panas bisa ada beberapa sebab boss antara lain adalah:
1.Air radiator kurang, --> tambahin dong,..cek tiap hari oke.
2.Fan Belt kendor, --> biasanya diawali mesin bunyi mencicit,.cit...citt malu ah.... kencengin dong.
3.Fan silikon udah mencair, --> ini sulit dideteksi khususnya bagi yang awam banget dengan mesin.
Nah point ke 3 ini yang akan dibahas,..yuk periksa,..periksa.
1.Coba cek putaran kipas atau bahasa kerennya FAN dengan tangan, mesin harus mati nich,..
Kalo rasanya ngelos aja dan gak ada tahanan kayak seret gitu,...itu berarti silikon udah cair.
2.Sekarang hidupkan mesin dech,..rasakan hembusan anginnya apakah sampai ke arah belakang
mesin,..biasanya kalo silikon udah cair hembusannya jadi kurang dan dia tidak bisa ngedinginin
air yang ada di radiator arti kata hisapannya lemah gitu.
Untuk point 2 diatas memang agak sulit kalo untuk orang awam,..makanya harus sering2 cari temen yang ngerti untuk diminta bantuannya periksain atau tanya2 di milist otomotif.
Sekarang kalo memang kondisi diatas sudah terasa yuk bongkar sendiri fan clutchnya untuk ganti itu silikon yang sudah cair.
Siapin dulu alat dan bahannya:
1.Kunci pas ukuran 10-12, kunci shock juga boleh dengan ukuran 10 dan 12.
2.Beli silikon di toko onderdil cukup beli 2 botol aja, tuh liat photonya diatas.
Sekarang mulai bongkar:
1.Lepaskan juga 4 buah baut fan clutch pake kunci 10 yang nempel ke pulli.
2.Fan beltnya juga dilepas, kendorin baut yang di alternator pake kunci 12.
3.Setelah itu fan clutch bisa dilepaskan kemudian bongkar diluar.
4.Lepaskan 8 baut fan yang nempel ke fan clutch pake kunci 10, lalu lepaskan keduanya.
5.Nah nanti keliatan dech kalo silikonnya udah cair akan berubah warna jadi coklat.
6.Bersihkan dengan dicuci yang bersih atau diseka pakai lap bersih juga oke.
7.Awas ada o-ring karet jangan sampai putus.
8.Isi silikon sebanyak 2 botol kedalam fan clucth lalu tutup, kencengin lagi 8 bautnya.
9.Pasang lagi keposisi semula sesuai urutan bongkarnya.
10.Liat aja dech potonya oke

Untuk pasangnya kebalikan urutan bongkar, setelah dipasang semua cek dech hembusan anginnya sama rasakan tendangan silikon saat fan diputar pake tangan.

Keep rolling kuda-klub

Ingin merubah hidup, klik link berikut ini semoga bermanfaat:
http://www.program5milyar.com/?id=achenk
atau klik link dipojok kanan atas bisa juga klik di myLINK

0 komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails